Monday 11 February 2013

Definisi Operasional

Business Plan
Business Plan yang dimaksudkan pada penelitian ini adalah sebagai suatu rencana usaha yang menekankan pada pengkajian layak atau tidaknya suatu usaha budidaya yakni ikan gurami dan ikan nila baik yang bersifat usaha baru, pengembangan usaha maupun perbaikan usaha (rehabilitasi usaha) khususnya untuk wilayah Kabupaten Nganjuk. 

Usaha Budidaya
Usaha budidaya ikan terdiri dari usaha pembenihan dan pembesaran. Sedangkan pada penelitian ini yang dimaksud adalah usaha pembesaran ikan gurami dan ikan nila. Budidaya pembesaran ikan adalah budidaya/ pemeliharaan ikan mulai dari ukuran benih hingga ukuran konsumsi.

Studi Kelayakan Proyek
Yang dimaksud dengan studi kelaya-kan proyek adalah penelitian tentang dapat tidaknya suatu proyek (biasanya merupakan proyek investasi) dilaksanakan dengan berhasil baik secara ekonomis suatu investasi, penyerapan tenaga kerja, pemanfaatan sumber daya yang melimpah di tempat tersebut dan sebagainya.

Pengembangan Usaha 
Pengembangan usaha yang dimaksud da-lam penelitian ini adalah mengembangkan usa-ha perikanan air tawar yang telah ada sebelum-nya, maupun usaha yang masih baru. Pengem-bangan usaha ini dapat dilakukan baik di per-airan umum (sungai, waduk dan danau), per-airan sawah (mina padi) maupun kolam, yang dipengaruhi oleh potensi wilayah yang ada.

Hipotesis 
Hipotesa yang dapat diambil berdasarkan latar belakang, rumusan masalah dan tujuan dari penelitian ini adalah:

1. Melalui estimasi permintaan dan penawaran, maka usaha budidaya ikan gurami dan ikan nila mempunyai peluang pasar/ prospek usaha yang masih terbuka luas untuk usaha dimasa yang akan datang.

2. Secara deskriptif usaha budidaya ikan gurami dan ikan nila dari segi teknis sudah dapat memenuhi kebutuhan perkapita. 

3. Usaha budidaya ikan gurami dan ikan nila secara finansial layak untuk dikembangkan. 

4. Usaha budidaya ikan gurami dan ikan nila telah melaksanakan prinsip manajemen dengan baik.

5. Sistem kelembagaan yang terlibat dalam usaha ini telah berjalan dengan baik.

6. Secara hukum, usaha budidaya ikan gurami maupun ikan nila sudah diakui namun belum mempunyai surat izin usaha secara resmi. 

7. Usaha budidaya ikan gurami dan ikan nila mempunyai dampak positif bagi kehidupan masyarakat setempat secara sosial ekonomi.

Usaha budidaya ikan gurami dan ikan nila memberikan dampak positif bagi lingkungan, baik terhadap udara, tanah, air dan manusia.

No comments:

Post a Comment